Apa saja persyaratan skemanya? Hasil Pembelajaran 109UI4: Anda harus mampu memahami dan menerapkan konsep dasar jaringan komunikasi data dan arsitektur komunikasi komputer. Materi pembelajaran: Model komunikasi, komunikasi data, jaringan komunikasi data, arsitektur komunikasi komputer dan model lapisan OSI. Daftar Pustaka: Agus Sumin, Pengantar Jaringan Komputer, Penerbit Gunadarma, Jakarta. Stallings, William, Komunikasi Data dan Komputasi, Macmillan, New York.

  1. Comer, Douglas, Jaringan Komputer untuk Data dan Komunikasi, Prentice Hall, edisi ke-3, 2000. Kursus: Sistem Multimedia Kode Kursus: 155TI4 Tingkat Gelar: 4 (Level IV) Preferensi: W Prasyarat: 109UI4 Lulusan.

Apa hasil pembelajarannya: Anda akan dapat memahami berbagai format media dan karakteristiknya, serta merancang berbagai jenis media dengan menggunakan berbagai teknik multimedia untuk menyampaikan informasi secara efektif dan efisien. Materi Pembelajaran: Ciri-ciri dan persyaratan multimedia, kompresi, media distribusi, alat multimedia, dan presentasi multimedia. Daftar Pustaka: K. Saood, Pengantar Kompresi Data, Morgan-Kauffman, 2000. Presentasi Multimedia Macromedia Flash, Andi Pramono, mahasiswa PhD.

Mereka adalah Li Zenian dan Mark. S. Drew, “Fundamentals of Multimedia”, Prentice-Hall, 200 Mata kuliah: Desain Sistem II Kode Mata Kuliah: 156TI6 Lingkup Mata Kuliah: 6 (enam) program pascasarjana.

Fitur: W Prasyarat: 106TI6 Hasil Pembelajaran: Kemampuan memahami dan menerapkan berbagai alternatif untuk mengembangkan, merancang, dan mengelola sistem data berbasis komputer. Materi pembelajaran: Pemrograman berorientasi objek, Java, Java Beans, desain terstruktur, desain sistem alternatif, sistem file. Pedoman Pendidikan Program Pascasarjana Ilmu dan Teknik Komputer Universitas Atma Jaya Makassar 17.

Apa itu Bibliografi: Graham, Metode Berorientasi Objek. New York: Addison Wesley Company Kendall, K. dan Kendall, JW, Analisis dan Desain Sistem, edisi ke-7, Pearson Education, 2004.

Seperti apa kursus Dasar-Dasar Pemrograman Java Sun Java? 200 Gio Wiederhold, Organisasi Dokumen Desain Basis Data, Mc Graw Hill Int. Versi mata kuliah : PENDIDIKAN PANCASILA Kode mata kuliah : Pascasarjana 201UA2.

Tingkat Kesulitan: 2(II) Ciri-ciri: W Prasyarat: – Hasil Belajar: Mampu memahami Pancasila sebagai landasan filosofis bangsa dan negara  terutama di Jakarta. Bahan kajian: Hakikat Pancasila; Filsafat Pancasila; Nilai-nilai Pancasila; Analisis Sosial berdasarkan Pancasila, UUD’45; Implementasi UUD’45 dalam penyelenggaraan Negara Republik  terutama di Jakarta. Daftar Pustaka: Darmodihardjo, Dardji. Studi pascasarjana.

197 Bagaimana Pancasila menjadi sumber dari segala sumber yang sahih. Malang: Universitas Prawijaya. Laboratorium Pancasila. 197 “Pancasila” “Filsafat Dasar Negara Republik  terutama di Jakarta” yang banyak dibahas. Malang: IKIP Malang. Darmody Harjo, Darji. Studi pascasarjana.

197 Bagaimana Pancasila menjadi sumber dari segala sumber yang sahih. Malang: Universitas Prawijaya. Mata Kuliah: Probabilitas dan Statistika Nomor Mata Kuliah: 202UI2 Kesulitan Belajar: 2 (2) Kepribadian: Mahasiswa W PhD.

Bagaimana cara melanjutkan Apa saja syaratnya: – Hasil pembelajaran: Anda harus memahami konsep keacakan dalam kaitannya dengan data, mampu menganalisis dan mengolah data yang diperoleh serta menarik kesimpulan statistik. Materi pembelajaran: stokastik, statistika dasar, fungsi probabilitas, fungsi distribusi, distribusi diskrit, distribusi kontinyu, estimasi parameter, pengujian hipotesis, pengendalian kualitas, analisis regresi sederhana. Bibliografi: Kreyzig, Erwin, Matematika Teknik Tingkat Lanjut, John Wiley & Sons. Ang, Alfredo, HS dan Tang, Wilson, H., Konsep Probabilistik dalam Perencanaan Teknik dan Konstruksi, Kandidat PhD, John Wiley & Sons.

Bagaimana Richard Lungan, 2006, Aplikasi Oportunistik Statistika dan Komputasi, Graha Ilmu, Panduan Pendidikan Program Studi Teknik Informatika Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Makassar 18 Mata Kuliah: Sistem Operasi Kode Mata Kuliah: 203UI2 Beban Studi: 2 (Dua) Fitur: Mahasiswa W-Ph.D.

Apa syaratnya: 153UI2 Hasil Pembelajaran: Harus memahami pentingnya peran sistem operasi dalam menjaga kelangsungan seluruh sistem komputer. Materi Pembelajaran: Konsep dasar sistem komputer dan sistem operasi, manajemen proses, memori, perangkat input dan output, serta keamanan file dan sistem. Bibliografi: Tanenbaum, A., Sistem Operasi Modern, Prentice Hall, New York. Bambang Hariyanto, Sistem Operasi, Ilmu Komputer, Bandung, kandidat PhD, Bandung.

Apa itu harta perak? Galvin, Konsep Sistem Operasi – Edisi ke-4, Addison Wesley. Mata Kuliah: Jaringan Komputer Kode Mata Kuliah: 204TI4 Lingkup Mata Kuliah: 4(IV) Kecenderungan: W Prasyarat: 154TI2 Lulusan.

Cara Mempelajari Apa yang Diharapkan: Kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep desain untuk jaringan komputer, termasuk LAN dan WAN, dan untuk mengkonfigurasi, menginstal, dan mengelola jaringan komputer di seluruh perusahaan. Materi pembelajaran: Teknologi akses jaringan, jaringan, koneksi jaringan, arsitektur dasar TCP/IP dan keamanan jaringan. Daftar Pustaka: James McCabe, Analisis Jaringan, Arsitektur, dan Desain, Edisi ke-2, Morgan Kaufmann, 200 Stallings, William, Data Umum dan Komputer, Edisi ke-10, Prentice Hall International Inc. “Kursus Cisco Networking Academy: LAN Switching dan Nirkabel, Eksplorasi CCNA , Edisi ke-4, http://cisco.netacad.net Lulusan.

Isi Mata Kuliah: Grafik Komputer Kode Mata Kuliah: 205TI4 Lingkup Studi: 4 (Empat) Fitur: W Prasyarat: 155TI4 Hasil Pembelajaran: Anda harus mampu merancang dan membuat aplikasi grafik komputer untuk memperoleh gelar pascasarjana.

Cara menggunakan perpustakaan OpenGL. Universitas Atma Jaya Makassar 19 Panduan Pendidikan Mata Kuliah S1 Teknik Komputer Materi Kajian: Kurva Parametrik, Representasi Grafik Vektor, Algoritma Persimpangan Objek, Objek Grafik 2D, Transformasi Objek 2D, Objek Grafik 3D, Transformasi Objek 3D, Pemodelan Benda Padat Menggunakan Jaringan Poligonal. Pemodelan polihedral menggunakan jerat poligonal, pemodelan permukaan menggunakan jerat poligonal, visualisasi 3D. Daftar Pustaka: Dave Shreiner, Jakie Neider, Opengl Programming Guide, Edisi ke-5, Addison Wesley 200 Tom Mcreynolds, David Blythe, Opengl Advanced Graphics Programming, Elsevier, Addison Wesley, 200 Shalini Govil-Pai, Sunnyvale, CA, USA Ph.D. lahir .

Apa saja prinsip dan praktik grafik komputer menggunakan OpenGL dan Maya, Springer, 200 Mata Kuliah: Perancangan Sistem III Kode Mata Kuliah: 206TI6 Beban Studi: 6 (Enam) Studi Pascasarjana.

Kegunaan praktisnya: W Prasyarat: 154UI2, 156TI6 Hasil Pembelajaran: Kemampuan memahami dan menerapkan berbagai alternatif pengembangan dan perancangan sistem berbasis jaringan komputer. Materi Pembelajaran: Pemrograman Client-Server, Java Socket, Analisis dan Perancangan Sistem, UML, Sistem Basis Data. Bibliografi: Pengantar Pemrograman Jaringan Java, Edisi Kedua, oleh mahasiswa PhD Springer Jan Graba, 2007.

Apa Itu Soket TCP/IP di Java, Edisi ke-2, oleh Kenneth Calvert dan Michael Donahoo, Morgan Kaufmann, 200 Kendall, K. dan Kendall, JW, Analisis dan Desain Sistem, Edisi ke-7, Pearson Education, 200 Avi Silberschatz dkk., Konsep Sistem Basis Data, Edisi ke-5, McGraw-Hill, 2005 Topik: Mahasiswa PhD  terutama di Jakarta.

Kode Mata Kuliah : 251UA2 Kesulitan Belajar : 2 (Dua) Ciri : W Persyaratan : – Hasil Belajar : Mampu berbahasa  terutama di Jakarta dengan lancar dan benar sebagai bahasa nasional, serta mengungkapkan bahasa nasional, bertujuan untuk menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni Pemahaman saya tentang cinta dan kebanggaan  terutama di Jakarta terhadap bahasa. Pedoman Pendidikan Program Penelitian Teknik Ilmu Komputer Universitas Atma Jaya Makassar 20 mahasiswa PhD.

Apa saja bahan kajiannya: Sejarah  terutama di Jakarta, Batasan Bahasa, Tipe Status Bahasa  terutama di Jakarta, Pedoman Umum Pembentukan Ejaan dan Terminologi Bahasa  terutama di Jakarta, Batasan dan Definisi Struktur Kalimat, Pemahaman, Pola Pikir dan Perkembangan Paragraf, Macam-macam Bahasa, Macam-macam Kosakata Berbicara Akademik. Daftar Pustaka : Hidayat, Asep Ahmad. 200 Filsafat bahasa mengungkapkan hakikat bahasa, makna dan simbol. Bandung : PT Rosdakarya. Jurato, Totok dan Bambang Suprijadi. Studi pascasarjana.

Bagaimana cara menulis 200 artikel dan buku akademis? Bandung: Rosdakarya. Alisjahbana, S. Takdir. Tata Bahasa  terutama di Jakarta Baru Dian Rakyat: Mahasiswa PhD di Jakarta.

Isi Mata Kuliah : Teknik Industri Kode Mata Kuliah : 252UI2 Jumlah Kelas : 2 (Dua) Ciri : W Prasyarat : – Hasil Belajar : Mampu memahami dan menerapkan konsep dasar, teori, rumus dan sistem produksi produk yang berkaitan dengan aspek teknis dan teknis analisis ekonomi . Studi pascasarjana.

Bagaimana Anda mengevaluasi kelayakan berbagai solusi teknologi dalam hal nilai dan biaya, membuat keputusan ekonomi, dan memahami risiko/dampak ekonomi dari masalah penerapan teknologi di industri? Bahan Kajian: Konsep Ekonomi dan Biaya. Resep dan jenis bunga. Aduk terus-menerus. Kesetaraan ekonomi. Keputusan ekonomi dalam memilih diantara alternatif-alternatif. Studi pascasarjana.

Bagaimana cara menggunakan analisis rasio manfaat-biaya untuk mengevaluasi acara publik? Analisis ekonomi mengenai depresiasi, pajak, risiko, dan ketidakpastian. Bibliografi: Park, Chan S. Ekonomi Teknik Kontemporer. Edisi Ketiga, Prentice Hall Inc., 200 Thuesen. Studi pascasarjana.

Dimana GJ-ku? Fabrycky, WJ, Engineering Economics, 9th Edition, Prentice Hall Inc., New Jersey, 200 Pujawan, I Nyoman, Engineering Economics, Jakarta: Guna Widya, 199 Mata Kuliah: Internet dan Teknologi Seluler Kode Mata Kuliah: 253UI2 Beban Mata Kuliah: 2 (2) Fitur: Lulusan W

Persyaratan Metode Isi: 203UI2, 204TI4 Panduan Pendidikan Universitas Makassar Program Studi Teknologi Informasi 21 Hasil Pembelajaran: Kemampuan memahami konsep dasar komunikasi Internet, seluler dan nirkabel, termasuk teknologi jaringan, protokol dan aplikasi. Topik: Internet dan protokol HTTP/HTTPS, SSL/TLS, FTP (File Transfer Protocol), milis, RSS dan podcast, pemrograman jaringan, CORBA, transmisi nirkabel, sistem komunikasi seluler, protokol jaringan nirkabel dan lapisan transport, dan WAP. Bibliografi: Internet, edisi ke-7, Thompson. J. Lulusan.

Schiller, “Komunikasi Seluler,” Addison-Wesley, 2000. Dornan, Panduan Dasar Aplikasi Komunikasi Nirkabel: Dari Sistem Seluler ke WAP dan Mobile Commerce, Prentice Hall, 200 Kursus: Manajemen Instalasi Komputer Kode Kursus: 254TI4 Upaya Pembelajaran: 4(IV) Karakteristik: Lulusan W.

Bagaimana Diperlukan Apa: 203UI2, 204TI4, 205TI4 Hasil Pembelajaran: Anda harus dapat memperoleh gambaran umum tentang manajemen instalasi komputer dan memahami serta menerapkan perencanaan, persyaratan, pengorganisasian, penganggaran, dan desain instalasi komputer. Materi Kajian: Pengelolaan perangkat komputer dan instalasinya, perencanaan instalasi dan pengelolaan lingkungan, inventaris/penyediaan, penjadwalan, penganggaran instalasi, pengendalian, pemeliharaan, perbaikan, instalasi, evaluasi instalasi. Daftar Pustaka : Eko Nugroho, Manajemen Instalasi Komputer, Penerbit Andi, Yogyakarta, 199 Melwin Syarizal Daulay, Pengertian Hardware Software dan Manajemen Instalasi Komputer, Penerbit Andi, 200 Sondang P. Pascasarjana.

Bagaimana dengan Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta, 200 Topik: Interaksi Manusia dan Komputer Kode Mata Kuliah: 255TI4 Beban Mata Kuliah: 4 (Empat) Tipe: W Prasyarat: 205TI4 Lulusan.

Apa saja hasil pembelajarannya: Anda dapat memahami teori interaksi manusia-komputer dan menerapkannya pada setiap pembuatan program, menganalisis setiap tampilan program, sehingga pengguna dapat menggunakan komputer dalam waktu lama dan merasa puas. Universitas Atma Jaya Makassar 22 Panduan Pendidikan Mata Kuliah S1 Teknik Komputer Bahan Kajian : Konsep IMK, Faktor Manusia, Aspek Ergonomis, Alat Interaksi, Macam-Macam Kotak Dialog, Desain Input, Desain Output, Desain Kotak Dialog, Desain Web, Desain Presentasi dan Grafik Pemrograman. Bibliografi: Preece, J., Rogers, Y. dan Sharp H., 2002, Desain Interaksi: Melampaui Interaksi Manusia-Komputer, John Wiley & Sons, Inc., USA. Santosa, P. Insap, Interaksi Manusia-Komputer: Teori dan Praktek, Kandidat PhD Andi Yogyakarta.

How Do Baecker, RM dan Buxton, WS, 1987, Pembacaan interaktif antara manusia dan komputer, pendekatan multidisiplin, Morgan Kaufman Publishers, California, AS. Mata Kuliah : Perancangan Sistem IV Kode Mata Kuliah : 256TI6 Beban Studi : 2 (II) Tipe : W Prasyarat : 204TI4, 206TI6 Lulusan.

Cara mempelajari Apa hasilnya: Kemampuan untuk memahami analisis sistem dan menerapkannya pada pengembangan dan desain sistem alternatif dalam arsitektur perusahaan. Materi pembelajaran: Arsitektur aplikasi enterprise, sistem terdistribusi, DBMS, paket Java, pemrograman berbasis komponen, J2EE. Bibliografi: Soket TCP/IP di Java, Edisi Kedua, Kenneth Calvert dan Michael Donahoo, Morgan Kaufmann, 200 Integrasi Perusahaan: Arsitektur untuk Aplikasi Perusahaan dan Integrasi Sistem, oleh Cummins, Fred A, John Wiley & Sons , 200 Jogiyanto HM, Sistem Analisis dan Desain, Andi Publishing House, Yogyakarta, mahasiswa PhD 2007.

Umar, Amjad, “Sistem Terdistribusi dan Komputasi: Masalah Desain Praktis”, Prentice Hall, NJ, 199 Kursus: Pendidikan Kewarganegaraan Kode Kursus: 301UA2 Lingkup Kursus: 2(II) Fitur: W Prasyarat: – Lulusan.

Cara belajar Apa hasilnya : Mampu menerapkan teori, konsep dan prinsip kehidupan kewarganegaraan  terutama di Jakarta sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar. 194 set materi pembelajaran: Filsafat Pancasila, Jati Diri Bangsa, Hak dan Tanggung Jawab Warga Negara, Bernegara dan Konstitusi, Demokrasi  terutama di Jakarta, Hak Asasi Manusia dan Kedaulatan Hukum, Geopolitik  terutama di Jakarta, Geostrategi  terutama di Jakarta. Daftar Pustaka: Lemhannas: P.Kewarganegaraan, Jakarta, Gramedia, 200 Panduan Pendidikan Program Penelitian Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Makassar 23 Endang Zaelani Zukaya dkk. 2000. Kewarganegaraan dalam pendidikan tinggi. Studi pascasarjana.

Misalnya saja bagaimana dengan Yogyakarta? Mata Kuliah : Manajemen Industri dan Teknologi Kode Mata Kuliah : 302UI2 Beban Studi : 2 (Dua) Ciri : W Persyaratan : – Lulusan.

Apa saja hasil pembelajarannya: Anda harus mampu memahami konsep manajemen teknologi dan inovasi serta menerapkan prinsip pengendalian manajemen industri yang baik dan bertanggung jawab dalam industri, khususnya industri berbasis teknologi. Materi Pembelajaran: Total Quality Management Dr. Edward Deming, Pengendalian Proses Statistik, Manajemen Teknologi dan Inovasi. Daftar Pustaka: Dr. Deming, William J. Raczko, David M. Empat Hari di Sekolah Pascasarjana.

Bagaimana kabarnya, Sanders? Desain statistik dan kontrol kualitas, Richard Devor, Tsonh-how Chang, John W. Sutherland. Ettlie, JE, 2000, “Mengelola inovasi teknologi”, John Wiley & Sons. Topik: Mahasiswa PhD Sistem Cerdas.

Bagaimana Kode Mata Kuliah : 303UI2 Kesulitan Belajar : 2 (2) Ciri : W Prasyarat : – Hasil Belajar : Mampu memahami konsep kecerdasan buatan dan beberapa teknik dasar pemrograman kecerdasan buatan tingkat pascasarjana.

Bagaimana Apa saja materi pembelajarannya: Pengenalan kecerdasan buatan, ruang keadaan, pencarian sederhana, pencarian heuristik, pengetahuan dasar representasi pengetahuan komputer, pengetahuan dasar pembelajaran mesin. Bibliografi: Stuart J Russell dan Peter Norvig, Kecerdasan Buatan; Metode Modern, Prentice-Hall International, Inc. Frank Pope. “Pengantar Sistematis pada Sistem Pakar,” Springer-Verlag, 1994 Elaine Rich, Kecerdasan Buatan, McGraw-Hill. Kursus: Kursus Pascasarjana Lanjutan di Jaringan Komputer.

Kode Mata Kuliah: 304TI4 Lingkup Studi: 4 (IV) Ciri-ciri: W Prasyarat: 254TI4 Universitas Makassar Panduan Pendidikan Program Gelar Teknologi Informasi 24 Hasil Pembelajaran: Kemampuan memahami dan menerapkan konsep desain jaringan komputer pada tingkat pascasarjana.

Teknologi apa yang mendukung jaringan korporat dan perusahaan? Materi pembelajaran: Jaringan komputer perusahaan, teknologi virtualisasi, arsitektur hierarki. Bibliografi: Garg, Vijay K, Jaringan Komunikasi Nirkabel, Penerbit Morgan Kaufman, San Francisco, 200 Panko, Jaringan Data Bisnis dan Telekomunikasi, Prentice Hall. Jim Smith dan Ravi Nair, “Mesin Virtual: Platform Serbaguna untuk Sistem dan Proses”, Morgan Kauffman, 200 Hwang & Dongarra & Fox, Distributed and Cloud Computing, Edisi 1, Morgan Kaufmann, Mahasiswa Pascasarjana 2011.

Isi kursus: Teknologi sistem multimedia. Kode kursus: 305TI4. Ruang lingkup penelitian: 4(4). Karakteristik: W. Prasyarat: 255TI4. Hasil Pembelajaran: Kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep dalam desain dan manufaktur sistem pascasarjana.

Bagaimana dengan multimedianya? Materi pembelajaran : Konsep gambar 2D dan 3D, Konsep animasi 2D dan 3D, Animasi teks dan gambar 2D dan 3D, Flash, Maya, 3D Studio max, video mixing, audio mixing. Daftar Pustaka: Heru Sakti, Animasi Karakter menggunakan 3D Studio Max 8, ANDI Offset, 200 Shirley, Peter. Dasar-dasar grafik komputer. Edisi pertama. Studi pascasarjana.

How-to: K. Peters Ltd., Juli 200 12 Tips Menganimasikan Kartun dengan Flash 8, Zeembry. Mata Kuliah: V Desain Sistem Kode Mata Kuliah: 305TI6 Pascasarjana.

Solusi pengembangan dan desain untuk berbagai sistem terintegrasi dalam arsitektur perusahaan. Materi Pembelajaran : Arsitektur Aplikasi untuk Perangkat Perusahaan, Pemrograman Internet, Desain Aplikasi Mobile, WAP, XML, J2EE, .NET Pascasarjana.

Apa itu Bibliografi: Panduan Lengkap Pemrograman J2EE oleh Widodo Buntoro, M.Kom, Andi Offset, 200 Gautam Guliani, Open Source for the Enterprise, Dan Woods, O’Reilly, 200 Enterprise Integration: Enterprise Applications and Systems Architecture Integration Penulis : Cummins, Fred A, John Wiley & Sons, 200 Panduan Pendidikan Program Gelar Teknologi Informasi Universitas Atma Jaya Makassar 25 Mata Kuliah: Etika Komputasi Kode Mata Kuliah: 351UA2 Lulusan.

Tingkat Kesulitan Sama: 2 (II) Ciri-ciri: W Prasyarat: – Hasil Pembelajaran: Kemampuan memahami prinsip-prinsip etika yang berlaku pada profesi teknologi informasi dan membedakan serta menerapkan prinsip-prinsip etika tersebut dalam pekerjaan profesional pegawai teknologi informasi lainnya. Materi pembelajaran: Konsep dasar etika, etika komputer, etika profesi dan profesi IT, hukum kekayaan intelektual. Daftar Pustaka: R. Lulusan.

Ayers How, Hakikat Permasalahan Industri Komputer, Prentice Hall, 199 Pudjowiyatna, Filsafat Tindakan Moral, Perkembangan Literasi, Jakarta 199, UU Paten No. 199. UU Merek No. 14 Tahun 2001 UU Hak Cipta No. 15 Tahun 2001 No. 19 Tahun 2001 200 Perihal : Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Publik. Kode kursus: 352UI4. Makalah Penelitian: 4(4). Studi pascasarjana.

Fitur Mode: W Prasyarat: – Hasil Pembelajaran: Kemampuan untuk memahami keterampilan komunikasi antarpribadi dan publik, mengembangkan etiket presentasi, dan mengkomunikasikan serta mempertahankan ide kepada beragam audiens. Materi Pembelajaran: Konsep komunikasi sosial, keterampilan berbicara di depan umum, presentasi, debat, dan etika presentasi. Referensi : Hardjana, Agus M. 200 Komunikasi Internal dan Interpersonal. Studi pascasarjana.

Bagaimana dengan Yogyakarta ini? Gregorius, (2010). Berbicara di depan umum untuk studi dan karier Anda. (Edisi ke-9). New York: Sekolah Pascasarjana McGraw-Hill.

Apa seni berbicara di depan umum? Stephen Lucas.Edisi ke-10. Bukit McGraw. Kursus: Keamanan Sistem Komputer Kode Kursus: 353TI4 Lulusan.

Apa itu Hasil Belajar : 4 (Empat) Fungsi : W Prasyarat : 304TI4 Hasil Belajar : Mampu memahami ancaman keamanan sistem komputer, konsep keamanan sistem, dan berbagai topik yang dibahas didalamnya. Pedoman Pendidikan Program Pascasarjana Ilmu dan Teknik Komputer Universitas Atma Jaya Makassar 26.

Cara Belajar Materi pelajarannya : Kriptografi dasar, meliputi pemrograman, jenis-jenis serangan data (hacker/cracker/insider), bencana, dll. Intrusi virus, spyware, dll. Mintalah pihak ketiga melakukan transaksi penting dan menggunakan kata sandi serta alat yang sesuai secara biometrik. Bibliografi: Stalling, William, Keamanan Jaringan dan Internet, Prentice Hall, 200 Charles P. Pfleeger dan Shari P. Mahasiswa Pascasarjana.

Apa itu Fleeger, Computing Security 2nd Edition, Prentice Hall, 200 Budi Raharjo, Keamanan Sistem Informasi, PT Insan Infonesia, Jakarta, 200 Mata Kuliah : Animasi dan Permainan Komputer Kode Mata Kuliah : 354TI4 Beban Pembelajaran : 4 (Empat) Fitur : W Graduate .

Yang dibutuhkan adalah: 305TI4 Hasil Belajar: Kemampuan memahami dan menerapkan konsep dasar gambar 2D dan 3D serta transformasinya pada komputer (grafik komputer), serta pengetahuan dasar tentang metode manipulasi objek grafis dalam permainan komputer. Materi pembelajaran: Transformasi dan efek objek di OpenGL, sprite, objek dan pengontrol permainan, gerak dan tumbukan. Bibliografi: Edward Angel, Grafik Komputer Interaktif, New York: Pearson, 200 Luke Benstead, Pengantar Pemrograman Game Open GL, edisi ke-2, Teknologi Kursus, 200 Richard Rouse III, Desain Game: Teori dan Praktek, Penerbitan Wordware, Wisuda 2004, kelahiran.

Isi Mata Kuliah: Perancangan Sistem VI Kode Mata Kuliah: 355TI6 Jumlah Pembelajaran: 6 (enam) Ciri: W Prasyarat: 306TI6 Hasil Pembelajaran: Mampu menganalisis dan mengembangkan berbagai sistem terpadu untuk studi pascasarjana.

Apa saja alternatif untuk mengembangkan dan merancang solusi terintegrasi? Materi pembelajaran: sistem multimedia, aplikasi cloud, sistem cerdas/pakar, sistem pendukung keputusan, sistem informasi. Daftar Pustaka: Barry Wilkinson, Grid Computing: Teknologi dan Aplikasi, Chapman & Hall/CRC, 20 Lu, Sistem Manajemen Basis Data Multimedia, Penerbit Artech House, 199 Pedoman Pendidikan Program Penelitian Teknik Informatika, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Atma Jaya Makassar 27.

Cara melakukannya, oleh S. Katzenbeisser dan FAP Petitcolas, “Teknik Menyembunyikan Informasi dengan Steganografi dan Watermarking Digital”, Artech House Publishing, 2000. Konar, Amit., Kecerdasan Komputasi; Prinsip, Teknik, dan Aplikasi, Springer, 200 Mata Kuliah: Kewirausahaan Kode Mata Kuliah: 401UA2 Kesulitan: 2 (II) Studi Pascasarjana.

Fungsi : W Persyaratan : – Hasil Belajar : Mampu memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai dan sikap yang melekat dalam kewirausahaan, seperti etika profesi, motivasi berprestasi, kemandirian, kreativitas, kemampuan mengambil keputusan, dll. Materi pembelajaran: Konsep kewirausahaan, orientasi nilai dan orientasi tujuan, serta internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam kewirausahaan. Daftar Pustaka: Bouchari Alma, Kewirausahaan. Studi pascasarjana.

Ini adalah edisi kesepuluh. Bandung: Alfabeta, 200 Justin Longenecker dkk. (2001). Kewirausahaan dalam manajemen usaha kecil. Jakarta: PT. Studi pascasarjana.

Bagaimana dengan Saremban Ban Patria? Coy, S. (2008). Kebiasaan Kedelapan; Meraih Kehebatan, Jakarta: PT. Perpustakaan Media Guerra. Topik: Ilmu Komputer dan Masyarakat untuk Mahasiswa PhD.

Suka Kode Mata Kuliah: 402UI2 Tingkat Kesulitan: 2(II) Fitur: W Prasyarat: 352UI4 Hasil Belajar: Kemampuan memahami dampak interaksi komputer terhadap masyarakat melalui kajian mendalam tentang berbagai topik di bidang teknologi dan perkembangannya.

Apa bahan kajiannya: Dampak penemuan komputer: lapangan kerja, privasi, intersepsi, kekayaan intelektual, kejahatan dunia maya, ketergantungan dan kecanduan teknologi, etika, dan kecerdasan komputer. Bibliografi: S. Baase, The Gift of Fire: Masalah Sosial, Hukum, dan Etika Komputer dan Internet, edisi ke-2. Prentice-Hall, 200 Buku Ajar, Pengantar Ilmu Komputer, Adi Chandra Sjarif, Kandidat PhD, UAJM.

Pranoto Joyo Adam CARA PEMAKAIAN, 200 Mata Kuliah: TUDAS MANDIRI dan Seminar Kode Mata Kuliah: 495TI6 Beban Pembelajaran: 6 (Enam) Fungsi: W Panduan Pendidikan Program Penelitian Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Makassar 28 mahasiswa PhD.

Persyaratan: 353TI4, 354TI4, 356TI6 Hasil Pembelajaran: Kemampuan mengevaluasi dan merekomendasikan solusi terhadap masalah desain praktis melalui proses kreatif dan penalaran induktif, serta kemampuan menganalisis dan merancang secara mandiri untuk mencapai tujuan penelitian. Bahan kajian: Penulisan karya ilmiah, perumusan topik penelitian, dokumentasi pendukung, proses kreatif dan desain eksperimen, perencanaan dan penyusunan karya ilmiah mandiri. Daftar Pustaka: Panduan Penulisan Tugas Akhir Proyek Penelitian Teknik Informatika UAJM. Metode Penelitian Teoritis dan Praktis, P. Joko Subagyo, Kandidat PhD, SH.

Apa itu Metodologi Penelitian Pendidikan, Dr. Amirul Hadi, Dr. Harjono. Mata Kuliah : Sekolah Kerja Profesi Kode Mata Kuliah : 497UA2 Pascasarjana.

Tingkat Kesulitan Sama Tingkat Kesulitan : 2 (II) Ciri : W Prasyarat : > 122 sks Hasil Belajar : Mampu bekerja di bidang perencanaan (konsultan), perancangan (perancang perangkat lunak), pemeliharaan (manajer TI), dan pengawasan (manajer TI) – Mentor ) . Bahan kajian: Bidang kerja teknis, laporan kegiatan, relevansi ilmiah. Daftar Pustaka : Panduan Penulisan Laporan Penelitian Karya Profesi Fakultas Teknologi Informasi UAJM Angkatan 2011.

Isi Mata Kuliah: Seminar dan Mata Kuliah Terpadu Kode Mata Kuliah: 498TI2 Satuan Studi: 2(II) Ciri-ciri: W Prasyarat: 495TI6, > 132 sks Hasil Pembelajaran: Kemampuan merancang, mensintesis, dan menyajikan penelitian ilmiah untuk penelitian pascasarjana.

Bagaimana teknologi informasi cocok dengan bidang apa saja? Bahan penelitian: kedalaman penelitian, landasan teori, kematangan dan penguasaan hasil penelitian. Daftar Pustaka: Panduan Penulisan Capstone Project Program Penelitian Teknik Informatika, UAJM, 201 Mata Kuliah: Capstone Project Kode Mata Kuliah: 499TI4 Beban Studi: 4 (empat) unit studi pascasarjana.

Fitur: W Prasyarat: 498TI2 (dapat diambil bersamaan) Universitas Atma Jaya Makassar Program Penelitian Teknik Informatika Panduan Pendidikan 29 Hasil Pembelajaran: Kemampuan mendemonstrasikan dan mempertahankan hasil penelitian ilmiah di bidang teknik ilmu komputer melalui penerapan teori dan metode. metode. Metode Desain memperoleh gelar pascasarjana di bidang teknik komputer. Bahan penelitian: kelayakan metode penelitian, validitas hasil penelitian, teori pendukung yang ada, dan kemampuan menjaga validitas hasil penelitian. Daftar Pustaka: Panduan Penulisan Disertasi Proposal Penelitian Teknik Ilmu Komputer, UAJM, Ph.D. 2011.

Apa, Panduan Akademik UAJM 201, 20 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan Kode Mata Kuliah : 403TI2 Beban Mata Kuliah : 2 (Dua) Keistimewaan : P Lulusan.

Bagaimana, apa saja syaratnya: – Hasil pembelajaran: Anda harus mampu memahami teori dasar dan fungsi kecerdasan buatan, serta mampu memahami dan menganalisis kasus-kasus terkait kecerdasan buatan. Materi Pembelajaran : Pengertian, Ruang Lingkup, Sifat, Pemrograman dan Perkembangan Kecerdasan Buatan, Pemecahan Masalah, Penelusuran: DFS, BFS, UCS, Heuristik, Algoritma A/A*, Algoritma MIN/MAX, Pemrograman Kecerdasan Buatan Pembahasan: PROLOG dan C/ C++ , Komputasi Lembut: Fuzzy, Neural, Genetik. Daftar Pustaka: Luger, “Kecerdasan Buatan: Struktur dan Strategi untuk Memecahkan Masalah Kompleks,” edisi ke-4, Pearson Education, 2002.

Bagaimana melakukan ini, S. Russel dan P. Norvig, “Artificial Intelligence – A Modern Approach,” edisi ke-2, Pearson Education, 200 David Poole, Alan Mackworth, Randy Goebel, “Computational Intelligence: A Logical Approach ”, Universitas Oxford Asosiasi Pers, Mata Kuliah 200: Sistem Pendukung Keputusan Kode Mata Kuliah: Pascasarjana 404SI4.

Kesulitan Belajar: 4 (Empat) Ciri: P Prasyarat: – Hasil Pembelajaran: Kemampuan menerapkan konsep pengambilan keputusan pada organisasi yang menggunakan sistem komputer untuk mendukung pengambilan keputusan. Materi pembelajaran: Sistem Pendukung Manajemen (SPM), Proses Pengambilan Keputusan, Karakteristik dan Komposisi SPK, Model Analisis Keputusan, Pengambilan Keputusan Multi Atribut, Group Support System (GSS). Pedoman Pendidikan Program Penelitian Teknik Ilmu Komputer, 30 mahasiswa PhD, Universitas Atma Jaya, Makassar.

Bagaimana dengan bibliografi: Dadan Umar Daihani, Computerized Decision Making, Elex Media Komputindo, 200 Marakas, George M. “Decision Support Systems for the 21st Century,” 2nd ed., Prentice Hall, 200 A. Turban, Efraim; Aronson, Jay , E. Liang, Ting-Peng, Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas, Prentice-Hall, 200 Kursus: Sistem Informasi Kode Kursus: 405TI2 Lulusan.

Tingkat Kesulitan: 2(II) Ciri-ciri: P Prasyarat: – Hasil Pembelajaran: Kemampuan memahami konsep dasar kebutuhan dan arsitektur sistem informasi. Materi pembelajaran: Konsep sistem, sistem, pengertian sistem, subsistem, supersistem, data/informasi, nilai dan kegunaan/kualitas/manfaat informasi, sifat dan komponen sistem informasi, batasan sistem informasi, pengguna informasi, dan hubungan pengembangan data antara dan sistem pemrosesan. Bibliografi: Laudon, Mahasiswa Pascasarjana KC.

How Is dan JP Laudon, MIS: Organisasi dan Teknologi di Perusahaan Jaringan, edisi ke-6, Prentice-Hall, 199 Turban dan Volonino, Mengelola Teknologi Informasi, edisi ke-8. Elmasri Navathe, Addison-Wesley, Dasar-Dasar Sistem Basis Data, Edisi ke-5, 200 Kursus: Pemrograman Game Komputer Kode Kursus: 406TI4 Lulusan.

Kesulitan Belajar : 4 (Empat) Fungsi : P Prasyarat : – Hasil Belajar : Kemampuan memahami dan menerapkan konsep dasar pemrograman visual dan struktur data sebagai dasar pengembangan permainan komputer. Materi pembelajaran: Mesin dan arsitektur game, struktur dan algoritma data game, pemrograman jendela game, pemrograman 2D dan 3D, penulisan dan analisis skrip, game real-time online multipemain masif, jaringan game, matematika dan fisika P2P, teknologi game kecerdasan buatan, interaktif multimedia -Studi pascasarjana.

Bibliografi: Andrew Davison, Pemrograman Game Java Pembunuh, O’Reilly, 200 David M. Bourg dan Glenn Seemann, Kecerdasan Buatan untuk Pengembang Game, O’Reilly, 200 Andre LaMothe, Tips Pemrograman Game Windows Rurus, Edisi 2, Sams, 200 Pendidikan Dosen Pembimbing, Program Penelitian Teknik Ilmu Komputer, Universitas Atma Jaya, Makassar 31 Mata Pelajaran: Pascasarjana E-Commerce.

Kode Mata Kuliah: 407SI4 Kesulitan Belajar: 4 (4) Ciri-ciri: P Prasyarat: – Hasil Belajar: Mampu memahami dan menerapkan konsep dasar penerapan dan membangun e-commerce serta aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam e-commerce. Materi pembelajaran: Konsep dasar e-commerce, model e-commerce, desain e-commerce, perangkat keras, perangkat lunak dan komunikasi, pemasaran Internet, keamanan perusahaan di Internet, dan masalah hukum, etika dan sosial bagi lulusan.

Apa itu Bibliografi: Efraim Turban dan David King, “Introduction to Electronic Commerce,” Prentice-Hall International Inc., 200 Efraim Turban, David King, Dennis Viehland, dan Jae Lee, “Electronic Commerce: A Managerial Perspective.” Prentice-Hall International Inc., 200 Kursus: Sistem Basis Data Terdistribusi Kode Kursus: 408TI2 Lingkup Kursus: Dua (2) gelar pascasarjana.

Apa saja ciri-cirinya: P Prasyarat: – Hasil pembelajaran: Harus dapat memahami konsep sistem basis data terdistribusi, proses perancangan basis data terdistribusi, dan proses pemeliharaan sistem basis data terdistribusi. Materi pembelajaran: arsitektur manajemen database terdistribusi, desain database terdistribusi, optimasi query terdistribusi, pengendalian transaksi konkuren, keandalan DBMS terdistribusi, sistem multi-database terdistribusi, pengembangan database terdistribusi. Daftar Pustaka: Ozsu, MT, Valduriez, P. Prinsip Sistem Basis Data Terdistribusi, Edisi ke-2, Prentice Hall, Mahasiswa Pascasarjana 1999.

Atre, S., Cara Mendistribusikan Basis Data, Pemrosesan, dan Jaringan Perusahaan, McGraw-Hill, 199 Mata Kuliah: Aplikasi dan Layanan Internet Seluler Kode Mata Kuliah: 409TI4 Jumlah Studi: 4 (Empat) Fitur: P Prasyarat: – Lulusan.

Apa hasil pembelajarannya: Kemampuan mengembangkan aplikasi berbasis layanan Internet seluler dan nirkabel. Panduan Pendidikan Program Penelitian Teknik Ilmu Komputer Universitas Atma Jaya Makassar 32 Bahan Kajian : J2ME, Android, MIDP High Level User Interface, MIDP Persistent Storage, MIDP Networking, Messaging Connections, Bluetooth Connections, MIDP Low Level User Interface, Mobile Media API, BlueCove , Emulator BlueCove dan Emulator Mikro. Bibliografi: Kim, Topley, disingkat J2ME, O’Reilly. Lulus pada tahun 200.

Seperti W. Muchow, “J2ME Core: Teknologi dan MIDP”, Sun Microsystems Press, 200 J. Schiller, Mobile Communications, Addison-Wesley, 2000. Kursus: Router dan Protokol Jaringan Kode Kursus: 410TI2 Lulusan.

Tingkat Kesulitan: 2 (II) Fitur: P Prasyarat: – Hasil Pembelajaran: Kemampuan memahami dan menjelaskan konsep dasar pengoperasian router, penggunaan perangkat router, dan protokol. Materi pembelajaran: Arsitektur router, struktur dan pengoperasian serta penjelasan prinsip routing dan protokol routing. Studi pascasarjana.

Analisis, konfigurasi, verifikasi dan pemecahan masalah protokol routing utama RIPv1, RIPv2, EIGRP dan OSPF. Bibliografi: Johnson, Lab Perutean dan Konsep serta Panduan Studi, Cisco Press, 200 Corner, Douglas, “Jaringan TCP/IP, Prinsip, Protokol, dan Arsitektur,” Prentice Hall, 199 Tanenbaum, Andrew S, “Jaringan Komputer, 1 Volume” Edisi ke-4, Prentice Hall, 200 Kursus: Dasar-Dasar Video Digital Kode Kursus: 451TI2 Lulusan.

Kesulitan Belajar : 2 (II) Ciri : P Persyaratan : – Hasil Belajar : Mampu memahami konsep digitalisasi video. Materi kajian: Pembangkitan sinyal video digital, pemrosesan sinyal video analog dan digital, pengambilan sampel spatiotemporal, analisis gerak, model gerak parametrik, pemfilteran kompensasi gerak, dan operasi pemrosesan video. Bibliografi: Mahasiswa Magister.

Bagaimana dengan Tekalp, Pemrosesan Video Digital, Prentice Hall, 199 Yao Wang, Joern Ostermann, dan Ya-Qin Zhu, Pemrosesan Video dan Komunikasi Prentice Hall, 200 AKJain: Dasar-dasar Pemrosesan Video Digital, Prentice Hall, 198 Kurikulum Pendidikan dan Teknik Ilmu Komputer , Universitas Atma Jaya Makassar 33 Mata Kuliah : Dasar-Dasar Audio Digital Kode Mata Kuliah : 452TI2 Pascasarjana.

Kesulitan Belajar : 2 (II) Ciri : P Persyaratan : – Hasil Belajar : Mampu memahami konsep digitalisasi audio. Topik: Metode dan distribusi audio digital, komputer dan sistem audio digital, dan perangkat keras audio digital profesional. Bibliografi: Perry R. Lulusan.

How Do Cook, AK Peters, Sintesis suara realistis untuk aplikasi interaktif, 200 Ken Pohlmann, Prinsip audio digital. Edisi kelima. http://www.atpm.com/6.02/digitalaudio.shtml. Topik: Permainan PhD, Pembelajaran Mesin dan Kecerdasan Buatan.

Kode Mata Kuliah : 453TI4 Jumlah Mata Kuliah : 4 (Empat) Ciri : P Prasyarat : – Hasil Pembelajaran : Mampu memahami konsep dasar permainan machine learning dan kecerdasan buatan. Materi pembelajaran: kecerdasan buatan, agen, contoh, metode statistik untuk pengenalan pola, pembelajaran aktif, support vector machine (SVM), model Markov, jaringan lulusan Bayesian.

Bibliografi: Steve Rabin, “AI Game Programming Wisdom 4,” Charles River Media, 200 Alex J. Champandard, AI Game Development, New Riders Games, 200 Christopher M. Bishop, Pengenalan Pola dan Pembelajaran Mesin, New York, Springer, 200 Doors Kursus: Kursus Pascasarjana Manajemen Jaringan Perusahaan.

bagaimana itu? Kode Mata Kuliah : 454TI4 Kesulitan Belajar : 4 (4) Fungsi : P Prasyarat : – Hasil Belajar : Kemampuan memahami dan menerapkan konsep dalam penerapan, pengelolaan dan pemanfaatan jaringan bisnis lulusan.

Apa materi pembelajarannya: Konfigurasi dan kesalahan, administrasi, penagihan, manajemen kinerja dan keamanan, SNMP, RMON, manajemen jaringan berbasis web. Bibliografi: William Stallings, “SNMP, SNMPv2, SNMPv3, dan RMON 1 dan 2,” Addison-Wesley, 199 Subramanian, M., Manajemen Jaringan: Prinsip dan Praktek, Reading, MA: Addison-Wesley. 2000. Panduan Pendidikan Calon JD Program pascasarjana Teknik Ilmu Komputer Universitas Atma Jaya Makassar 34 Sloan School of Management.

Alat pemecahan masalah jaringan apa yang tersedia? Sebastopol, CA: O’Reilly & Associates, Inc, 200 Mata Kuliah: Enterprise Data Warehousing Kode Mata Kuliah: 455SI2 Beban Pembelajaran: 2 (Dua) Kepribadian: Lulusan P.

Apa saja persyaratannya: – Hasil Pembelajaran: Mampu memahami konsep dasar enterprise data warehousing. Materi pembelajaran: SAP Business Warehouse, SAP Business Objects. Bibliografi: Paulraj Ponniah, Panduan Komprehensif Dasar-dasar Gudang Data untuk Profesional TI, John Wiley & Sons, Inc, 200 Bharat Patel, Amol Palekar, dan Shreekant Shiralkar, Panduan Praktis untuk SAP Netweaver Business Warehouse 7.0, Galileo (SAP Press), 20 Topik: Desainer Diploma E-Learning.

bagaimana kemajuannya? Apa kode mata kuliahnya : 456TI4 Jumlah mata kuliah : 4 (empat) Ciri : P Prasyarat : – Hasil Pembelajaran : Kemampuan memahami dan menerapkan konsep e-learning. Materi pembelajaran: perangkat keras pendukung e-learning, perangkat lunak pendukung e-learning, perancangan e-learning, pengembangan produk e-learning lulusan.

Bagaimana dengan daftar pustaka : Clark, Ruth Colvin, Richard Mayer, E-Learning dan Science Teaching, Pfeiffer, 200 Hartanto, Aditya, Antonius, Purbo, Onno, Teknologi E-Learning Berbasis PHP dan MySQL, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 200 Mata Kuliah: Sistem Informasi Perusahaan Kode Mata Kuliah: 457SI2 Pascasarjana.

Tingkat Kesulitan: 2(2) Ciri-ciri: P Prasyarat: – Hasil Pembelajaran: Kemampuan memahami dan menerapkan konsep dalam perancangan dan pengembangan sistem informasi perusahaan. Materi pembelajaran: Konsep dasar sistem perusahaan, perencanaan sumber daya perusahaan, manajemen hubungan pelanggan, intelijen bisnis atau portal perusahaan, siklus hidup sistem perusahaan untuk lulusan.

Apa pedoman pelatihan Mata Kuliah Teknik Ilmu Komputer Universitas Atma Jaya Makassar 35 Daftar Pustaka: Devadoss, P. & Pan, SL, Penggunaan Sistem Perusahaan: Analisis Struktural Transformasi Organisasi yang Dipicu oleh Sistem Perusahaan. Asosiasi Komunikasi Sistem Informasi, 200 Laudon, JP dan Laudon, KC, 200 Esensi Sistem Informasi Bisnis, lulusan Prentice Hall.

Avison dan Fitzgerald, G., Pengembangan Sistem Informasi: Metode, Teknik, dan Alat, Edisi ke-4, McGraw-Hill Higher Education, 200 Mata kuliah: WEB Keamanan E-Commerce Kode Mata Kuliah: 458TI4 Lingkup Studi: 4(IV) Fungsi: P —— Mahasiswa doktoral.

Apa saja persyaratannya: – Hasil Pembelajaran: Anda harus dapat memahami konsep keamanan jaringan Internet dan layanan jaringan e-commerce. Materi pembelajaran: keamanan jaringan, firewall sistem dan IDS, konfigurasi firewall, VPN, virus, worm, Trojan, kerentanan TCP/IP dan RFC keamanan terkait. Daftar Pustaka: Moore, Robert. Kejahatan Dunia Maya: Menyelidiki kejahatan komputer berteknologi tinggi. Studi pascasarjana.

Ringatti How: Anderson, 201 Charles P. Pfleeger, Shari L. Pfleeger, Keamanan Komputasi, edisi ke-4, Prentice Hall. Elizabeth Zwicky, Simon Cooper, mahasiswa PhD.

Cara Membangun Firewall Internet oleh Brent Chapman, Edisi ke-2 O’Reilly Media, Inc., 2000. Mata Kuliah : Topik Khusus Kode Mata Kuliah : 495TI2 Beban Mata Kuliah : 2 (II) Mata Pelajaran : P Prasyarat : – Lulus.

Tujuan pembelajaran : Mampu memahami konsep-konsep terkini di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bahan kajian: Metode dan konsep yang dikembangkan dalam teknologi informasi dan komunikasi terkini. Daftar Pustaka: Diurutkan berdasarkan Topik. Pedoman Pelatihan Program Studi Teknik Ilmu Komputer Universitas Atma Jaya Makassar 36 Struktur Dosen Tetap Setelah Lahir.

Bagaimana dengan daftar nama dan gelarnya? 1 Adi Chandra Sjarif, M.Si. – Dekan – US S1, Teknik Elektro dan Komputer – US S2, Teknik Industri dan Sistem 2 Phie Chyan, ST, MC Lulusan.

Suka Ya – Dekan Muda – BA UAJM, Teknik Elektro – MS UGM, Ilmu Komputer 3 N. Tri Saptadi, S.Kom, MT, MM Pascasarjana.

Suka Ya – Staf Pengajar – S1 STMIK Akakom Yogyakarta, Teknologi Informasi – Magister UGM, Teknologi Informasi – Magister UNHAS, Manajemen 4 Hans Christian Marwi, S.Kom., MIT – Staf Pengajar Pascasarjana.

Bagaimana – S1 STMIK Dipanegara Makassar, Manajemen Informatika – MSc Australia, Teknologi Informasi Terapan 5 Jeremias Mathias Leda, ST, MSc. – Staf Pengajar – pascasarjana UAJM, Energi Listrik – Magister Bahasa Inggris, Pascasarjana Kecerdasan Buatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *